Oleh: haerunisa | Juli 26, 2008

Obamania Kuasai Eropa

Jumat, 25 Juli 2008 | 12:02 WIB

LONDON, JUMAT – Dukungan untuk Barack Obama di Eropa ternyata 10 kali lipat besarnya dibanding lawannya dari Partai Republik, John McCain. Paling tidak, ini terlihat dari jumlah dana kampanye yang berhasil digalang dari warga AS yang tinggal di Inggris, Perancis, dan Jerman.

Laporan Komisi Pemilihan Federal menunjukkan bahwa Obama telah mendapat sedikitnya 1 juta dollar, sementara McCain hanya 150.000 dollar. Mengapa bisa demikian njomplang?

Sejumlah donor mengatakan, perbedaan yang sangat besar ini juga terlihat dari perolehan dana kampanye secara keseluruhan. Obama mendulang 338 juta dollar, sementara McCain hanya 126,3 juta. Menurut mereka, hal itu lebih disebabkan pendonor tidak suka pada Presiden George W Bush dan kemungkinan politisi Republik lain menggantikannya, daripada tertarik pada Obama.

“Saya menyumbang benar-benar karena kinerja pemerintahan Bush yang hancur-hancuran selama delapan tahun terakhir,” kata Eileen Taylor, chief operating officer Deutche Bank di London, Kamis (24/7) atau Jumat waktu Indonesia.

Ia menyumbangkan 2.300 dollar, jumlah maksimal yang diizinkan, dan bekerja pada tempat pendaftaran pemilih untuk mempermudah warga AS di luar negeri memberikan suara pada November mendatang.

“Kami aktif mendaftar orang-orang untuk memilih. Democrats Abroad bekerja sama dengan banyak perusahaan untuk membentuk tempat pendaftaran pemilih dan presensi suara. Pesan utamanya bukan soal uang. Banyak orang melibatkan energi emosionalnya dalam kampanye ini,” katanya.

Ketika Bush tidak populer di dalam negeri, ketidaksukaan lebih dalam ditunjukkan oleh para donatur di luar negeri ketimbang masyarakat umum di Amerika Serikat. Banyak pendukung Obama di Eropa sangat termotivasi oleh kerinduan Amerika sekali lagi dihargai warga dunia.

Gerald Wood, warga Amerika di Jerman, mengaku menyumbangkan 1.000 dolar untuk Obama karena ingin melihat reputasi Amerika pulih setelah hancur pada masa pemerintahan Bush. “Bagi saya, Obama adalah orang yang bisa memperbaiki citra Amerika. Saya ingin yang lebih bipartisan untuk memberikan visi bagi bangsa ini,” kata Wood. Ia membandingkan Obama dengan John F Kennedy dan Robert Kennedy.

Memang jumlah dana kampanye yang dikumpulkan di Eropa tidak signifikan dibandingkan dana yang dibutuhkan secara keseluruhan untuk merebut kursi Gedung Putih. Namun, timpangnya perolehan Obama dan McCain itu menunjukkan tingginya popularitas Obama di Eropa, tempat para Obamania sudah menghinggapi para ekspatriat dan orang Eopa sendiri.

Kenyataan ini juga menunjukkan bahwa kampanye Obama lewat internet menjadi alat utama penggalangan kampanye sangat efektif. Sebaliknya, kubu McCain yang hanya mengandalkan satu situs semakin membuat warga Amerika di luar negeri sulit menyumbang.

Patricia Toner, pensiunan IBM, yang tinggal di Prancis selatan, mengaku menyumbang 2.000 dollar untuk Obama setelah menerima banyak email dari seorang temannya selama pemilu pendahuluan yang punya link ke situs Obama. “Saya pensiunan teknologi informasi dan saya lihat situs mereka dirancang dengan sangat baik,” katanya.

Mary Jo Jacobi, anggota Partai Republik yang pernah menjadi penasihat Presiden Ronald Reagan dan Presiden George HW George, mengakui Obama unggul atas McCain dalam soal kampanye lewat internet. “Banyak pendukung McCain mengatakan sangat sulit atau tidak mungkin mendonasikan uang lewat situs. Obama membuatnya lebih mudah. Obama menjadi sangat canggih dalam pemanfaatan internet, sehingga memudahkan orang di luar negeri menyumbang,” kata Jacobi.


Responses

  1. The market system delivers the goods people want, but those who make it work cannot readily explain why it is so.The socialst or communist system does not deliver the goods, but those who operate it can readily explain away its failure.

  2. A great value of antiquity lies in the fact that its writings are the only ones that modern men still read with exactness.FriedrichWilhelmNietzscheFriedrich Wilhelm Nietzsche


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: