Oleh: haerunisa | Juli 26, 2008

Schwarzenegger Larang Makanan Berlemak Jenuh

Sabtu, 26 Juli 2008 | 14:46 WIB

SAN FRANSISCO, SABTU- California akan menjadi negara bagian Amerika Serikat yang pertama dengan peraturan paling ketat soal makanan saji. Hal itu segera terealisasi setelah Gubernur Arnold Schwarzenegger yang mantan aktor laga ternama itu menandatangani undang-undang yang melarang hidangan yang mengandung lemak jenuh disajikan di seluruh tempat makan di California.

Keputusan itu akan membuat banyak tempat makan cepat saji yang terkemuka di negara bagian itu segera mengubah daftar makanan yang disajikan dan harus disesuaikan dengan mengindahkan larangan ketat terhadap makanan yang berkadar lemak yang akan merusak atau membuat organ jantung terganggu fungsinya.

“California adalah negara bagian yang memimpin terdepan dalam mempromosikan kesehatan dan nutrisi, dan saya dengan gembira akan melanjutkan tradisi ini untuk menghapuskan penggunaan lemak jenuh,” kata Schwazenegger yang mantan MrUniverse dan aktor film laga.

“Apabila kita mengonsumsi lemak jenuh, hal itu berkaitan erat dengan penyakit jantung, dan hari ini kita mengambil langkah tegas untuk membentuk generasi mendatang yang jauh lebih sehat di California,” katanya. Undang-undang tersebut akan mulai berlaku pada tahun 2010 di mana semua tempat makan umum di California tidak akan menyajikan hidangan yang memiliki kandungan lemak jenuh tersebut.

Dalam kurun waktu setahun kemudian, larangan itu juga akan berlaku bagi semua makanan yang dipanggang.

Peraturan itu akan mengena bagi mereka yang bergerak di bidang usaha makanan seperti bakeri (toko kue dan roti), restoran, kafetaria, dan tempat-tempat makan lainnya. Jika terjadi pelanggaran, pelaku akan dikenai denda 25-1.000 dolar.

Lemak jenuh ditemukan di minyak goreng, margarin, dan berbagai lemak pembuat kue. Menurut penelitian ilmiah, lemak jenuh akan menambah jumlah kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan diabetes. Penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian nomor satu di California.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: