Oleh: haerunisa | Juli 27, 2008

Teleskop Corot “Sorot” Planet Baru Sebesar Jupiter

Jumat, 25 Juli 2008 | 19:19 WIB

JAKARTA, JUMAT – Sebuah planet baru sebesar Jupiter terdeteksi teleskop ruang angkasa COROT milik badan antariksa Eropa (ESA). Planet tersebut mengelilingi bintang seukuran Matahari yang berada di konstelasi Jupiter sekitar 3.000 tahun cahaya dari Bumi.

Planet asing di luar tata surya (ekstrasolar) yang diberi nama CoRoT-Exo-4b itu ditemukan saat terjadi transit atau planet bergerak di depan bintang yang diamati. Tim yang dipimpin astronom Perancis dapat melacak pergerakannya dengan mengukur perubahan pencahayaan bintang yang dikelilinginya.

Sejauh ini, CoRoT-Exo-4b mungkin planet yang paling cepat mengelilingi bintangnya. Sebab, waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi bintangnya sama dengan waktu rotasi bintangnya yakni sekitar 9,4 hari. Pada astronom mengukur rotasi bintang dengan mengamati titik gelap yang ditemukan di permukaan bintang.

“Kami tidak tahu apakah CoRoT-Exo-4b dan bintangnya selalu berputar secara sinkron sejak terbentuk sekitar satu miliar tahun lalu atau baru belakangan,” ujar Suzanne Aigrain, salah satu peneliti dari Universitas Exeter. Para peneliti terkejut dengan temuan tersebut karena massa planet diperkirakan sangat kecil dan jarak dengan bintangnya cukup jauh.

Penemuan tersebut dilaporkan dalam pertemuan astronomi internasional Cool Stars 15 di Universitas St Andrews Skotlandia, Kamis (24/7). Planet tersebut menambah daftar planet-planet asing yang saat ini telah menembus lebih dari 250 planet sejak dilakukan perburuan 15 tahun lalu.


Responses

  1. itu masih sulit tuk qw prcaya ………. sBlum Qw mliHatx


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: